BETTERSOUND-5-Jenis-Musik-untuk-Tingkatkan-Fokus-Kerja-dengan-Earphone-Bluetooth-Terbaik-1

5 Jenis Musik untuk Tingkatkan Fokus Kerja dengan Earphone Bluetooth Terbaik

Musik bukan hanya sarana untuk menghibur diri sendiri, namun juga dapat mendorong kreativitas, membantu dalam meningkatkan fokus kerja, serta menjadi lebih produktif. Kamu bisa mendengarkan musik dengan earphone Bluetooth terbaik untuk menghilangkan perasaan stres sehingga kamu dapat berkonsentrasi lebih baik. Namun, jenis musik apa saja yang bisa bantu meningkatkan fokus kerja? 

1. Musik klasik

Musik telah digunakan sebagai bentuk hiburan sepanjang sejarah dan juga dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi otak serta relaksasi. Musik klasik dan relaksasi berjalan beriringan karena suara lembutnya menenangkan. Sementara mendengarkan musik pada umumnya memiliki efek pada jiwa manusia, ada hal khusus tentang musik klasik yang membuatnya memiliki efek rileks dan “menyembuhkan” tubuh.

Salah satu jenis musik yang cocok didengarkan dengan earphone Bluetooth terbaik ini dapat memberimu suasana hati yang baik. Struktur dan nada lambat dari sebagian besar musik klasik menciptakan efek menenangkan karena pelepasan dopamin meningkatkan suasana hati dan mencegah stres. Selain membantu lebih rileks sehingga bekerja lebih baik, ada berbagai manfaat lain dari mendengarkan musik klasik lain, yakni:

  • Peningkatan kualitas tidur 
  • Mengurangi stres 
  • Memori yang lebih baik 
  • Menurunkan tekanan darah 
  • Kecerdasan emosional yang lebih tinggi

2. Musik sinematik

Musik sinematik yang intens dapat membuat kamu merasa seperti sedang melakukan sesuatu yang menginspirasi atau penting, bahkan jika kamu hanya melakukan kegiatan sederhana. Soundtrack film yang diputar saat kamu sedang bekerja dapat membuat tugas yang paling biasa pun terasa seperti kamu sedang mengubah dunia, sehingga meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. 

Jenis musik satu ini dapat membuat kamu lebih fokus bekerja, meningkatkan semangat, dan mencerahkan suasana hati. Jadi, jika kamu merasa lelah, cobalah mendengarkan musik sinematik bergaya epik untuk memberi dorongan motivasi ekstra. Kamu bisa mendengarkan musik sinematik dari beberapa film seperti Inception, The Social Network, Moon, Lawrence of Arabia, Cloud Atlas, dan The Bourne Identity.

3. Musik tanpa lirik

Mendengarkan musik tanpa lirik seperti musik yang dibuat untuk video game dapat membantu kamu fokus. Setiap elemen video game dirancang untuk menciptakan pengalaman bermain game yang disempurnakan untuk semua indera. Itulah kenapa musiknya dikomposisikan secara khusus untuk membantu kamu fokus tanpa terganggu. 

Jenis musik yang tidak memiliki lirik atau suara manusia ini cukup cepat untuk membuat kamu terus bergerak maju. Banyak musik tanpa lirik dari video game melibatkan pemecahan teka-teki dan menghadapi situasi yang intens, jadi kamu bisa membuat diri menghadapi tantangan simulasi yang menegangkan. Komposisi musik ini dapat mendorong kamu tetap semangat menyelesaikan pekerjaan.

4. Musik alam

Mendengarkan suara alam dengan earphone Bluetooth terbaik, seperti deburan ombak atau sungai mengalir, telah terbukti meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi. Suara alam bekerja paling baik ketika sifatnya menenangkan, seperti air yang mengalir atau hujan. Sementara itu, suara yang lebih menggelegar seperti suara burung dan suara binatang cenderung dapat mengganggu. Suara alam diketahui mampu meningkatkan suasana hati dan fokus sehingga bekerja akan lebih menyenangkan. 

Mendengarkan musik alam saat bekerja membantumu lebih produktif dan memiliki perasaan yang lebih positif. Ini mungkin karena suara alam membantu menutupi suara yang lebih keras dan mengganggu, seperti orang berbicara atau mengetik. Musik alam yang menenangkan tidak hanya membuatmu melakukan tugas dengan lebih baik, tapi juga memiliki efek restoratif pada kemampuan kognitif. 

5. Musik dengan tempo 50-80 bpm

Ada beberapa pendapat bahwa bukan jenis musik yang sebenarnya penting dalam membantumu tetap fokus dan produktif, namun tempo musik yang kamu dengarkan. Musik dengan tempo 50-80 bpm yang kamu dengar dengan earphone Bluetooth terbaik dapat meningkatkan dan merangsang kreativitas dan pembelajaran. Mendengarkan musik yang diatur dalam rentang tersebut akan menempatkan otak ke dalam keadaan alfa. 

Saat kamu bangun, kamu biasanya berada dalam keadaan pikiran yang dikenal sebagai beta, keadaan kewaspadaan tinggi di mana aktivitas gelombang otak antara 14 dan 30 HZ. Ketika otak melambat antara 7 dan 14 HZ, kamu berada dalam kondisi pikiran alfa yang lebih santai dan memungkinkanmu menjadi lebih reseptif serta terbuka. Ada beberapa lagu terkenal dengan tempo 50-80 bpm, seperti:

  • Justin Timberlake – Mirrors
  • Jeff Buckley – Last Goodbye
  • Bruno Mars – The Lazy Song
  • Adele – Chasing Pavements

Agar makin fokus, dengarkan berbagai jenis musik tersebut menggunakan Bose QuietComfort Earbuds yang dilengkapi fitur Acoustic Noise Canceling. Salah satu earphone Bluetooth terbaik dari Bose ini hadir dengan peredam bising paling efektif di dunia dan audio fidelitas tinggi, ditambah tip StayHear Max untuk kenyamanan ekstra untuk penggunaan berjam-jam sekalipun. Tunggu apa lagi? Dapatkan Bose QuietComfort Earbuds sekarang juga untuk tingkatkan fokus kerja dengan mendengarkan musik-musik di atas!

Shopping Cart

No products in the cart.

logo-bose-small-s