7 Hal yang Harus Kamu Lihat Ketika Memilih Headset Bluetooth

6 Hal yang Harus Kamu Lihat Ketika Memilih Headset Bluetooth

Headset bluetooth adalah headset (earphone dan mikrofon) yang tidak memerlukan kabel untuk terhubung. Seperti namanya, headset bluetooth menggunakan teknologi nirkabel bluetooth yang dengan mudah terpasangkan oleh berbagai perangkat, mulai dari desktop laptop hingga smartphone.

Jika tertarik membeli salah satu produk yang populer digunakan ini, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan karena tidak semua headset bluetooth itu sama, baik dari sisi harga maupun kualitasnya. Berikut setidaknya 6 hal yang harus kamu lihat ketika memilih headset bluetooth!

Aktivitas selama memakai headset bluetooth Perhatikan tipe earloop sesuai aktivitas kamu

Selanjutnya, kamu perlu mempertimbangkan tipe earloop sesuai aktivitas selama memakai headset bluetooth. Carilah earloop yang tidak mudah lepas dari headset. Headset bluetooth dengan earloop yang pas di telinga terbilang aman ketika dipakai dan membuatnya tidak mudah lepas, terutama jika kamu banyak bergerak, seperti saat berjalan, naik atau turun tangga, berlari, dan aktivitas gerak lainnya.

Akan lebih besar kemungkinan untuk kehilangan headset bluetooth jika kamu memilih produk dengan tipe earloop yang kurang tepat. Kamu bahkan tidak akan menyadari headset bluetooth-mu hilang jika dari awal tipe earloop-nya mudah lepas. Jadi, cobalah cari headset bluetooth yang menawarkan loop over-the-ear, sehingga cocok dipakai sambil berolahraga dan sebagainya.

Karenanya, pilihlah headset bluetooth dengan eartips yang dirancang mengikuti kontur telinga kamu. Hal ini bisa kamu dapatkan jika menggunakan wireless earbuds dari Bose yang dilengkapi fitur StayHear Max eartips. Jadi, saat memasang earbuds, eartips tersebut akan stabil di telinga. Jika seandainya eartips terasa longgar atau terlalu menekan, artinya wireless earbuds yang pakai kurang sesuai ukurannya. Untungnya, Bose menyediakan wireless earbuds dengan tiga ukuran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan telinga.

Suara dan mic headset harus jernih

Kamu juga harus memilih headset bluetooth dengan suara dan mic yang jernih. Tes suara dan mic headset bluetooth harus mencakup kualitas suara normal. Jadi, kamu bisa bicara dengan cukup lembut atau tidak harus berteriak agar bisa didengar.

Pastikan juga produk tersebut bisa diandalkan saat kamu berada di lokasi yang bising seperti area kereta api, pesawat, dan coffee shop. Jika suara dan mic jernih, kamu tidak perlu ganti headset setiap lagi mau online meeting. Kamu bisa pilih headset bluetooth dengan teknologi Active Noise Cancelling berkualitas seperti Bose Soundsport Wireless Bose QuietComfort Earbuds dan Bose HP700 yang dapat meredam background noise ketika sedang berbicara.

Tombol kontrol yang mudah diakses

Perhatikan juga faktor tombol kontrol yang mudah diakses karena kamu memakai headset bluetooth untuk menerima, menutup, mengubah volume, dan aktivitas lainnya dengan mudah. Kamu tentu saja tidak ingin menutup telepon saat ingin mengubah volume.

Ini bisanya hanya soal membiasakan diri menggunakan produk headset bluetooth baru. Adanya fitur capacitive touch akan memudahkan kamu dalam mengontrol headphone-mu. Namun, kamu harus jeli untuk melihat apabila produk tertentu mungkin memang tidak cocok untukmu. Semakin mudah proses mengakses tombol kontrol, semakin besar kenyamanan yang akan kamu rasakan saat menggunakannya.

Daya tahan baterai

Salah satu faktor yang tidak kalah penting adalah daya tahan baterai. Headset bluetooth tidak seperti headset biasa yang tidak memakai baterai, jadi kamu perlu memilih produk dengan baterai yang dapat diandalkan.

Carilah headset bluetooth berkapasitas baterai besar yang memungkinkanmu menggunakannya kapanpun kamu mau. Perhatikan spesifikasi headset sebelum melakukan pembelian untuk mendapatkan produk dengan kualitas dan daya tahan baterai terbaik.

Cek kabel untuk USB port

Pertama-tama, cek kabel untuk USB port. Kamu membutuhkan USB port standar (micro atau mini). Dengan begitu, kamu bisa mengisi daya dari USB port aktif di komputer desktop, notebook, atau pengisi daya USB dengan mudah. Biar tidak banyak tumpukan kabel di rumah atau lebih praktis dibawa traveling, USB port micro atau mini juga pilihan terbaik.

Dengan adanya kabel USB port standar dapat mengurangi jumlah kabel atau adaptor yang kamu miliki. Jadi, jika kamu lupa atau kehilangan kabel, kamu bisa meminjamnya dengan mudah. Membelinya lagi di toko barang elektronik atau toko serbaguna juga mudah karena harganya terjangkau.

Kenyamanan pengguna

Terakhir, kamu mungkin akan menggunakan headset bluetooth seharian atau dalam jangka waktu panjang, sehingga kenyamanan pengguna harus diutamakan. Pilihlah headset bluetooth yang terbuat dari bahan yang nyaman dipakai berjam-jam. Perhatikan juga ketersediaan fitur Active Noise Cancelling untuk menambah kenyamanan pengguna supaya suara audio terdengar lebih jernih tanpa gangguan suara dari luar.

Nah, itulah beberapa hal yang penting kamu perhatikan sebelum membeli headset bluetooth. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mempertimbangkan berbagai produk headset bluetooth dari Bose seperti Bose Soundsport Wireless, Bose QuietComfort Earbuds, atau Bose Noise Canceling Headphones 700 yang menawarkan teknologi world’s class Active Noise Canceling. Dengannya, kamu akan mendapatkan pengalaman headset bluetooth terbaik.

Shopping Cart

No products in the cart.