1920 JPG-SLRP_CC_027_RGB

6 Rekomendasi Makanan dan Minuman Sehat untuk Isoman

Hingga kini, pandemi COVID-19 belum juga selesai. Orang-orang yang terkena Covid-19 harus melakukan banyak upaya untuk memulihkan kondisi dirinya, salah satunya dengan melakukan isolasi mandiri (isoman). Selama isoman, para pasien COVID-19 harus melakukan banyak hal, mulai dari mencukupi kebutuhan tubuh untuk beristirahat, berjemur di bawah sinar matahari, dan yang tidak kalah penting adalah mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang cocok untuk masa isolasi mandiri.

Mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang bergizi sangat penting untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Jadi, dalam memilih makanan dan minuman yang harus dikonsumsi saat isoman, kamu perlu memperhatikan keseimbangan gizinya, mulai dari kandungan karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu, makanan pun harus segar dan terbebas dari bahan kimia yang memiliki kemungkinan memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Lalu, apa saja makanan dan minuman yang baik dikonsumsi selama isoman? Yuk, simak enam rekomendasi makanan dan minuman sehat untuk kamu yang sedang menjalani proses isolasi mandiri supaya daya tahan tubuhmu bisa senantiasa terjaga. Agar lebih bersemangat, kamu bisa menyantap makanan dan minuman berikut sambil mendengarkan musik dengan speaker bluetooth terbaik, yakni Bose SoundLink Revolve+ II Bluetooth®️ Speaker.

1. Makanan lunak

Rekomendasi makanan pertama yang sangat cocok untuk dikonsumsi saat proses isolasi mandiri adalah makanan lunak. Dengan tekstur yang lebih lembut dibanding dengan makanan pada umumnya, makanan lunak bisa menjadi pilihan yang cocok untuk isoman karena mudah dikunyah, ditelan, dan dicerna. 

Agar dapat memulihkan kondisi tubuh selama masa isoman, kamu perlu menghindari jenis makanan yang terlalu banyak digoreng, ditambah santan, serta makanan dengan bumbu terlalu tajam karena bisa membuat sakit tenggorokan. Itulah mengapa makanan lunak menjadi pilihan yang cocok untuk disantap selama isoman.

2. Minuman madu hangat

Madu memiliki efek antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi. Selain itu, kandungan fitokimia antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang terdapat dalam madu pun berperan sebagai terapeutik yang berpotensi untuk mengobati penyakit dalam tubuh manusia.

Tak hanya itu, madu juga sangat bermanfaat karena mampu memberikan efek perlindungan dan membantu tubuhmu dalam mengatasi berbagai penyakit yang ada. Kamu bisa mengonsumsi madu dengan menjadikannya sebagai minuman hangat yang mampu melegakan tenggorokan. Campur segelas air hangat dengan madu, kamu juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis untuk meningkatkan cita rasanya.

3. Puding

Hilangnya penciuman dan indera perasa pada pasien COVID-19 cenderung membuat nafsu makan hilang. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi puding yang mampu meningkatkan asupan gizimu. Untuk jenis pudingnya sendiri, kamu bisa membuat berbagai varian puding, mulai dari puding maizena, puding susu, puding kacang hijau, puding sayur, atau puding buah.

4. Yoghurt

Rekomendasi berikutnya adalah yoghurt yang kaya akan zat gizi, asam amino esensial, vitamin D, serta probiotik. Selain itu, yoghurt juga memiliki efek imunomodulator sehingga sangat cocok untuk menjadi pilihan santapan saat isoman. Kamu bisa mengonsumsi yoghurt ketika sarapan atau untuk camilan saat masa isoman.

5. Sup ayam dan sayur

Sup bisa menjadi pilihan makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat isoman. Dengan berbagai pilihan bahan yang ada, sup ayam dan sayur bisa kamu buat dengan cukup mudah. Kamu pun bisa menambahkan berbagai bahan lain untuk meningkatkan selera makanmu. Teksturnya yang ringan dan dapat disantap saat hangat membuatmu mudah untuk mengonsumsi sup ayam dan sayur di masa isoman.

6. Imbangi dengan konsumsi suplemen

Selama masa isoman, kamu bisa mencukupi asupan gizi dalam tubuh dengan mengonsumsi suplemen. Para pasien COVID-19 sendiri dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin D yang tidak bisa didapat dari sumber makanan. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu harus mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhan tubuh dapat terpenuhi secara seimbang.

Itu dia rekomendasi makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi selama menjalani masa isolasi mandiri. Kecuali suplemen, kamu bisa membuat makanan dan minuman tersebut di rumah agar lebih terjaga kebersihannya.Sambil masak, pasang musik dengan speaker bluetooth terbaik Bose SoundLink Revolve+ II Bluetooth®️ Speaker yang sudah tersertifikasi IP55. Artinya, speaker bluetooth terbaik dari Bose ini telah teruji tahan terhadap percikan air maupun debu. Masak menu makanan selama isoman jadi makin asyik dengan kehadiran Bose SoundLink Revolve+ II Bluetooth®️ Speaker!

Shopping Cart

No products in the cart.