1920 JPG-SLRP_CC_027_RGB

7 Tips Tingkatkan Kenyamanan Pengunjung Coffee Shop

Saat ini, membuka bisnis coffee shop menjadi salah satu pilihan usaha menjanjikan. Coffee shop telah menjadi tempat alternatif masyarakat untuk melakukan banyak hal. Tak hanya sekedar menikmati hidangan yang dijajakan, coffee shop juga menjadi tempat berkumpul dengan orang terdekat, tempat belajar dan mengerjakan tugas, bahkan melakukan aktivitas pekerjaan profesional seperti meeting dengan kolega.

Demi mendapatkan profit maksimal dari usaha coffee shop milikmu, tentunya dibutuhkan perencanaan penjualan yang baik, mulai dari memastikan kualitas produk hingga layanan bagi para pengunjung. Kenyamanan para pengunjung akan meningkatkan peluang kembalinya mereka sehingga menjadi pelanggan tetap.

Jika kamu sedang berencana membuka bisnis coffee shop, simak ketujuh tips berikut yang dapat meningkatkan kenyamanan pengunjung. Jangan lupa putarkan musik pakai Bose portable speaker!

1. Sediakan Layanan Free WiFi

Sekarang ini, hampir tidak ada orang yang tidak terkoneksi ke dunia digital. Untuk itu, memberikan layanan WiFi gratis akan menaikkan peluang kunjungan pelanggan. Bagi mereka yang mengerjakan tugas atau bekerja dari kafe, layanan ini tentunya akan sangat menguntungkan. 

Namun, harus dipahami pula bahwa apa yang menguntungkan konsumen tidak selalu memberikan benefit yang sama bagi pebisnis. Untuk itu, layanan WiFi gratis perlu disiasati agar kamu tetap meraih keuntungan. Salah satu caranya adalah dengan membatasi outlet listrik sehingga pengunjung tak bisa terlalu lama stay meski dapat mengakses WiFi gratis.

2. Berikan pelayanan yang unggul

Pengalaman layanan pelanggan juga menjadi kunci penting agar para pengunjung mau kembali ke coffee shop-mu. Mengutip pernyataan dari Founder dan CEO Starbucks, Howard Schultz “We are not in the coffee business serving people but in the people business serving coffee.” Artinya, kamu perlu menciptakan pengalaman istimewa untuk pengunjung.

Selain menciptakan ambience nyaman dengan memutar musik lewat Bose portable speaker, misalnya, kamu juga perlu menetapkan standar layanan dan melakukan pelatihan bagi karyawan agar mereka bekerja sejalan dengan visi bisnismu. Tentunya bila kamu berhasil membangun kultur layanan yang bermutu, pelanggan dapat terkoneksi secara personal dengan coffee shop-mu.

3. Berikan diskon atau promo menarik

Untuk menarik lebih banyak pengunjung, ada baiknya kamu menerapkan diskon atau promo produk karena hal tersebut adalah taktik pemasaran yang efektif. Kamu bisa menerapkan promo seperti buy one get one, bundling menu hemat yang terdiri dari kopi dan makanan, cashback setelah mencapai nominal tertentu, giveaway, atau pengumpulan poin untuk mendapat sebuah menu gratis. Kamu juga bisa mempertimbangkan membuat kartu loyalitas pelanggan agar mereka tak segan untuk kembali karena benefit yang ditawarkan.

4. Lakukan inovasi menu

Menu yang variatif bisa lebih banyak memenuhi preferensi konsumen yang beragam. Sebagai contoh, kamu bisa menyediakan pengganti produk tertentu, seperti susu nabati yang kini mulai diminati banyak orang sebagai alternatif susu sapi. Kamu bisa berinovasi dengan menu yang sedang digandrungi banyak orang dengan tetap memperhatikan kualitas produk. 

5. Bagikan sampel gratis

Untuk membantumu menciptakan menu yang sesuai dengan target konsumen, kamu bisa memberikan sampel gratis bagi mereka yang berkunjung dan tanyakan masukan mereka. Jika mereka menyukainya, kamu dapat mempromosikan produk tersebut, baik untuk pembelian saat itu atau selanjutnya.

6. Jaga kebersihan coffee shop

Pandemi COVID-19 telah meningkatkan kesadaran konsumen terhadap kebersihan. Oleh karena itu, kamu harus menetapkan standar kebersihan yang optimal di coffee shop. Pastikan seluruh karyawan menerapkan prosedur kebersihan dengan benar. Sediakan pula cairan desinfektan yang bisa diakses dengan mudah untuk pengunjung. 

7. Putarkan musik yang cocok dengan ambience coffee shop

Tak lengkap rasanya bila coffee shop-mu tak memutarkan musik yang dapat menunjang pengalaman berkunjung pelanggan. Pastikan musik yang kamu putar cocok dengan suasana serta terdengar jernih hingga pojok ruangan. Salah satu Bose portable speaker, yakni Bose SoundLink Revolve+ II Bluetooth Speaker, merupakan pilihan tepat karena memiliki fitur 360 derajat. Artinya, suara yang dikeluarkan akan tetap terdengar jernih dan menggelegar ke seluruh penjuru meski coffee shop-mu sedang ramai. 

Kamu cukup menaruhnya di tengah ruangan dan tak perlu takut kehilangan kendali karena Bose SoundLink Revolve+ II Bluetooth Speaker dapat dengan mudah dioperasikan melalui aplikasi Bose Connect. Kamu dapat mengatur volume, timer otomatis, hingga mengubah audio ke Stereo Mode untuk hasil suara yang lebih fantastis.

Bose portable speaker satu ini juga memiliki ketahanan fisik yang kuat. Daya tahan baterai mencapai 17 jam sehingga kamu tak perlu khawatir harus bolak-balik charging. Bobot speaker ini pun ringan namun kokoh serta tahan terhadap guncangan. Bagian terbaiknya, Bose portable speaker ini juga tahan terhadap percikan air. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut fitur menarik Bose SoundLink Revolve+ II Bluetooth Speaker? Kamu bisa mengunjungi tautan ini!

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung coffee shop. Banyak aspek yang perlu kamu perhatikan, mulai dari variasi menu, layanan, hingga menciptakan ambience yang nyaman dengan memutar musik lewat Bose portable speaker. Semoga berbagai tips tersebut bisa membantu kamu meningkatkan kunjungan pelanggan coffee shop, ya!

Shopping Cart

No products in the cart.