1920 JPG-SBII_2492_RGB-min

Kesulitan Tidur di Malam Hari? Ini 7 Penyebabnya!

Mendengarkan musik klasik dengan earphone Bluetooth terbaik bisa menjadi salah satu cara untuk membantu mengatasi masalah sulit tidur. Meski begitu, sulit tidur harus diketahui penyebabnya agar benar-benar teratasi. Berikut adalah beberapa penyebab sulit tidur di malam hari yang paling sering ditemukan.   

1. Stres dan cemas

Penyebab sulit tidur yang paling umum adalah stres dan kecemasan. Saat Anda sedang stres atau merasa cemas, otak akan terus-menerus bekerja untuk mencari solusinya. Ketika tubuh dalam keadaan terjaga, otak mencari solusi dengan rasional. Namun, saat tidur, otak sulit mengelola stres dan kecemasan. Hasilnya, Anda akan merasa gelisah dan sulit terlelap.

Untuk meredakan stres dan rasa cemas sebelum stress, Anda bisa coba bermeditasi. Dengan meditasi, pikiran terasa lebih ringan dan tubuh pun rileks. Agar meditasi Anda maksimal, musik-musik relaksasi bisa membantu. Anda bisa gunakan earphone Bluetooth terbaik Bose Sleepbuds II agar suara white noise terdengar lebih jernih.

2. Lapar

Selain karena serangan stres, rasa lapar ternyata juga bisa menyebabkan sulit tidur pada malam hari. Makan dekat waktu tidur memang tidak baik, tapi makan terlalu awal pun bisa menyebabkan rasa lapar muncul tiba-tiba di malam hari.

Jika waktu makan terakhir Anda memang terlalu jauh dengan waktu tidur, cobalah konsumsi camilan pengganjal perut. Hindari makanan yang tinggi natrium karena bisa membuat Anda merasa ingin buang air saat tidur. Anda bisa memilih buah-buahan seperti apel untuk mencegah datangnya rasa lapar di malam hari.

3. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Kafein selama ini dikenal sebagai zat yang dapat membuat tubuh terjaga. Mengonsumsinya terlalu banyak jelas akan membuat Anda sulit tidur. Untuk itu, sebaiknya kurangi jumlah konsumsi kafein Anda. Batas maksimal yang disarankan adalah dua cangkir per hari. Selain itu, hindarilah mengonsumsi kafein terlalu dekat dengan waktu tidur Anda pada malam hari.

4. Tidak aktif di siang hari

Aktivitas Anda di siang hari ternyata juga berpengaruh. Orang yang aktif di siang hari akan lebih mudah terlelap di malam hari. Hal ini berkaitan dengan irama sirkadian tubuh Anda. Irama sirkadian mengatur bagaimana tubuh bekerja, termasuk mengatur waktu tidur dan bangun. Nah, aktivitas di siang hari dan cahaya matahari adalah sinyal yang digunakan irama sirkadian untuk “menyetel” kapan Anda harus tidur dan bangun.

Saat banyak bergerak dan terus terkena sinar matahari, sirkadian akan menganggap bahwa tubuh harus aktif. Sedangkan saat lebih banyak diam dan tidak terkena sinar, tubuh akan masuk dalam mode istirahat sehingga Anda bisa mudah terlelap.

5. Terlalu banyak main gadget sebelum tidur

Ternyata, kebiasaan main gadget pun bisa memicu insomnia. Cahaya yang dipancarkan gadget Anda akan menurunkan produksi hormon melatonin pada tubuh. Hormon melatonin bertugas membuat tubuh rileks sehingga Anda bisa mudah terlelap.

Untuk membuat tubuh cepat rileks, suara white noise bisa membantu. Anda bisa gunakan earphone Bluetooth terbaik dari Bose, yakni Bose Sleepbuds II.  Dengan fitur Sound Library, Anda bisa menemukan berbagai macam pilihan  suara white noise untuk pengantar tidur pengantar tidur yang diinginkan ke dalam earphone

6. Kurang paparan sinar matahari

Agar mudah lelap, hindari terlalu lama berada di dalam ruangan dengan pencahayaan buatan saat siang hari. Sebab, kebiasaan tersebut bisa merusak irama sirkadian tubuh. Sinar matahari memastikan irama sirkadian tubuh berjalan dengan tepat. Saat irama sirkadian teratur, maka tubuh pun akan lebih mudah memproduksi hormon melatonin. Dengan melatonin yang cukup, Anda akan cepat terlelap di malam hari.

7. Terlalu banyak makan di malam hari

Selain menggunakan gadget, kebiasaan lain yang harus dihindari sebelum tidur adalah makan. Jarak antara waktu makan dan waktu tidur yang terlalu pendek bisa menyebabkan asam lambung naik. Dampaknya, dada akan terasa nyeri dan panas sehingga Anda sulit tidur.

Selain itu, makan sebelum tidur juga bisa menyebabkan dispepsia atau perasaan tidak nyaman pada perut. Anda akan merasa mual, begah, atau bahkan nyeri di perut saat dispepsia menyerang. Untuk itu, sebaiknya hindari terlalu banyak makan sebelum Anda pergi tidur di malam hari.

Sulit tidur sangat mengganggu karena bisa memengaruhi performa Anda keesokan harinya. Nah, selain menghindari kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan sulit tidur, Anda juga bisa gunakan earphone Bluetooth terbaik seperti Bose Sleepbuds II untuk memutar white noise yang menenangkan.Bose Sleepbuds II bukan sekadar earphone Bluetooth terbaik. Dengan teknologi noise-masking, Bose Sleepbuds II dapat menjauhkan Anda dari kebisingan di sekitar serta meningkatkan kualitas tidur. Dapatkan earphone Bluetooth terbaik Bose Sleepbuds II  sekarang juga di sini!

Shopping Cart

No products in the cart.