slrpp

Mengenal Japandi, Desain Interior Paduan Gaya Jepang dan Skandinavia

Japandi adalah jenis desain interior rumah yang menggabungkan konsep dari dua budaya, yakni Japanese dan Scandinavian. Desain ini didominasi oleh warna-warna natural, sehingga menampilkan kesan sederhana, bersih, tapi tetap cantik. Yuk, kenali lebih jauh tentang apa itu desain Japandi, ciri-ciri, dan tips menerapkan konsep ini dalam hunian kamu. Kamu juga bisa memasang speaker portable terbaik untuk menambah kesan modern pada hunian berdesain Japandi, lho!

Apa itu desain Japandi?

Japandi merupakan desain interior yang memadukan gaya Jepang dan Skandinavia. Keduanya sama-sama mengusung konsep minimalis dan melihat keindahan rumah lewat berbagai ketidaksempurnaan yang dimilikinya. Hal ini sesuai dengan wabi sabi yang bertujuan mengurangi stres para pemilik rumah akibat ketidakpuasan yang terus muncul saat mendesain rumah.

Meskipun mengusung konsep sederhana, desain satu ini tidak melupakan kenyamanan para penghuninya. Dengan menghadirkan warna-warna yang natural, desain Japandi dinilai dapat menghadirkan kesederhanaan, kehangatan, sekaligus nuansa bersih. Konsep desain ini sudah banyak diterapkan di Indonesia sejak 2017.

Ciri-ciri desain khas Japandi

Japandi adalah desain yang mengutamakan kesederhanaan dan kenyamanan. Lalu, apa saja ciri-ciri dari konsep desain ini? Temukan jawabannya pada penjelasan berikut.

1. Dominasi warna terang atau kalem yang menyegarkan

Salah satu karakteristik dari desain Japandi adalah pemilihan warnanya yang terang dan kalem. Warna putih selalu menjadi pilihan utama saat menerapkan konsep desain ini, sebab warna putih dapat memaksimalkan pantulan cahaya dari sinar matahari. Selain itu, ada juga warna krem, coklat, dan beberapa warna terang lain yang dipilih untuk aksen ruangan.

2. Menerapkan konsep terbuka

Salah satu ciri berikutnya dari konsep desain Japandi adalah menerapkan konsep hunian terbuka atau open living space. Selain bertujuan untuk memperluas ruangan, hunian terbuka juga dapat memaksimalkan sinar matahari yang masuk sehingga rumah lebih hemat energi. Selain itu, rumah juga jadi terasa dekat dengan alam sekitar.

3. Adanya perpaduan kayu dan metal

Ciri berikutnya dari konsep ini adalah penggunaan kayu dan metal pada berbagai furniture, mulai dari kitchen set, sofa dan meja ruang tamu, hingga lampu gantung. Pemilihan furniture kayu tentu sudah akrab pada desain Japandi lawas, tapi penggunaan bahan-bahan metal bisa kamu aplikasikan untuk menunjang tampilan Japandi modern yang lebih akrab dengan warna hitam.

Tips menerapkan desain Japandi pada hunian

Untuk mendapatkan kesan sederhana tapi tetap nyaman dalam hunian, perhatikan beberapa tips berikut saat ingin menerapkan desain Japandi di rumah kamu.

1. Pilih sofa berwarna gelap

Karena desain Japandi didominasi oleh warna putih dan krem, pastikan untuk memilih sofa berwarna gelap agar menimbulkan kontras yang apik. Jika warna hunian sudah didominasi dengan warna putih, misalnya, sofa dengan warna krem tentu akan terlihat mati. Jadi, pilihlah sofa berwarna gelap, ya!

2. Imbangi dengan furnitur lain berwarna terang

Selanjutnya, kamu juga bisa memadukan furniture gelap dengan berbagai aksesoris lain yang berwarna sedikit lebih terang, seperti hijau tosca atau kuning. Pasang juga speaker portable terbaik Bose SoundLink Revolve+ II Bluetooth dalam warna silver untuk memberikan aksen modern pada desain rumah Japandi-mu.

Kehadiran speaker portable terbaik juga akan sangat memanjakan kamu yang termasuk pencinta musik. Pasalnya, Bose SoundLink Revolve+ II Bluetooth dilengkapi fitur speaker 360 derajat sehingga mampu menghasilkan suara berkualitas tinggi ke segala arah. Kamu bahkan bisa memutar musik hingga 17 jam dengan salah satu speaker portable terbaik Bose ini hanya dalam sekali charge penuh!

3. Pasang lampu untuk menghadirkan kesan modern

Tips berikutnya yang tidak kalah penting adalah penambahan lampu untuk menghasilkan kesan modern pada ruangan. Untuk menghadirkan kesan Japandi modern, pilih lampu gantung yang mengangkat tema modern-rustic dengan warna dasar cokelat atau gold.

4. Letakkan tanaman di beberapa sudut ruangan

Japandi adalah desain interior yang berusaha menghadirkan suasana alam lewat pemilihan warna yang natural. Kalau kamu ingin menambah kesan alami dalam rumahmu, letakkan tanaman-tanaman di berbagai sudut ruangan. Kamu juga bisa menggunakan tanaman aritifisial jika tidak ingin ribet merawatnya.

5. Gunakan material marmer di bagian tertentu

Terakhir, gunakan material marmer di beberapa bagian rumahmu. Penggunaan marmer tentu bukanlah bagian dari desain Japandi konvensional yang cenderung memakai kayu, tapi marmer bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin menghadirkan kesan mewah pada desain Japandi modern.
Itulah penjelasan lengkap tentang Japandi sebagai desain yang memadukan kesederhanaan dan kenyamanan dari kebudayaan Jepang dan Skandinavia. Jika ingin menerapkan konsep Japandi dalam hunian, pastikan kamu juga memasang speaker portable terbaik di dalam rumah, yakni Bose SoundLink Revolve+ II Bluetooth yang bisa hadirkan kesan Japandi modern lewat warna silvernya.

Shopping Cart

No products in the cart.